Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Pemerintah Aceh Terus Tingkatkan Kesejahteraan Lansia

Kesehatan Minggu, 08 September 2019 - Oleh opt4

Banda Aceh - Pemerintah Aceh terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan lansia. Berbagai program juga telah disiapkan dan dilaksanakan pemerintah untuk tingkatkan pelayanan terhadap warga lanjut usia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, saat menyampaikan sambutan Plt Gubernur pada Peringatan Hari Lansia Nasional ke 23 Tahun 2019, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Minggu (8/9).

Alhudri mengatakan, pemerintah Aceh telah mengeluarkan kebijakan dan program pelayanan bagi kaum lansia. Antara lain,  di bidang kesehatan, pelayanannya terus ditingkatkan. Peningkatan itu terbukti dari Usia Harapan Hidup masyarakat Aceh sudah mencapai 70 tahun, meningkat dari sebelumnya yang berkisar 69 tahun.

“Saat ini kita juga telah menyediakan 16 Panti Sosial Tresna Werdha yang berfungsi melayani kebutuhan para Lansia di seluruh
Aceh,” kata Alhudri.

Dalam bidang pelayanan publik, kata Alhudri, berbagai keistimewaan juga telah diberikan, seperti potongan harga untuk tarif transportasi, menyediakan tempat khusus bagi Lansia di transportasi umum, menata berbagai ruang publik agar ramah Lansia, dan lain sebagainya. Nantinya, lanjut dia, Pemerintah Aceh secara bertahap juga akan memberikan bantuan sosial bagi Lansia terlantar di Aceh.

Selain itu, kata Kadis Sosial Aceh, saat ini Dinsos Aceh memiliki 4  UPTD (unit pelaksana teknis daerah) dan salah satunya adalah membidangi penanganan terhadap masyarakat lanjut usia terlantar dan tempat rujukan lansia terlantar dari 23 kabupaten/kota.

“Kami juga mengajak segenap warga masyarakat, mari kita terus peduli dan berupaya sekuat tenaga memberikan
peluang kepada lansia untuk tetap sehat, dan dapat terus berpartisipasi dalam pembangunan,” tutur Alhudri.

Senada dengan Alhudri, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Aceh untuk meningkatkan kepedulian dan perhatian kepada para orangtua, khususnya bagi kalangan lanjut usia (lansia).

“Tim Penggerak PKK dalam hal ini juga memberikan perhatian khusus, karena orang tua memiliki kedudukan penting dan berpengaruh dalam ketahanan keluarga, yang merupakan salah satu objek kegiatan dan fokus dari PKK itu sendiri,” kata Dyah.

PKK Aceh, ujar Dyah, selama ini telah melakukan berbagai program untuk mewujudkan kesejahteraan bagi Lansia. Di antaranya, memberikan layanan kesehatan lansia di pos pembinaan terpadu, pembagian alat pemeriksaan kesehatan kepada lansia, bakti sosial di kawasan bencana, penyelenggaraan senam lansia, kunjungan ke panti wreda, dan lain sebagainya.

“Adapun Hari Lansia Nasional yang diperingati hari ini merupakan momentum untuk melakukan evaluasi tentang program pelayanan yang kita berikan selama ini,” tutur Dyah

 

Sumber : http://humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 18 Sep 2019 00:02:00