Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

TP-PKK Aceh Resmikan Rumoh Gizi Gampong (RGG)

Sosial & Kemasyarakatan Jumat, 12 Juli 2019 - Oleh opt4

Redelong - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Aceh meresmikan Perdana Rumoh Gizi Gampong (RGG) di Desa Bandar Lampahan Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah, Jum’at (12/7/2019).

Rumoh Gizi Gampong ini merupakan kegiatan yang diatur dalam perarturan Gubernur Aceh Nomor 14 tahun 2019 tentang Pencegahan dan Pengangganan Stunting secara Terpadu.

Wakil Ketua TP-PKK Aceh Dyah Erti Idawati, dalam sambutannya menyampaikan, perbaikan gizi di daerah terpencil harus diperhatikan dan tidak luput dari pengawasan pemerintah daerah. Karena pada tahun 2019 peningkatan penderita stunting atau tubuh pendek pada anak-anak meningkat menjadi 37,5 % untuk Kabupaten Bener Meriah seperti yang didata oleh Tim Nasional.

Kedatangan TP-PKK di Desa Bandar Lampahan Kabupaten Bener Meriah bukan hanya sekedar meresmikan Rumoh Gizi Gampong, akan tetapi juga melakukan penyuluhan program “isi piringku”. Salah satu program prioritas TP-PKK yang sedang diunggulkan.

Selain itu, ada program sandang dan pangan mandiri yang bisa dibudidayakan oleh masyarakat sekitar Desa Bandar Lampahan Kabupaten bener Meriah. Program budidaya tanaman termasuk salah satu program pemerintah untuk meningkatkan sisi ekonomi masyarakat mandiri.

"Factor penyebab stunting adalah kurangnya makanan sehat dan berprotein, untuk itu saya mengharuskan kepada seluruh Tim PKK mulai dari provinsi hingga tingkat desa untuk mensosialisasikan program makan sehat kepada anak-anak, balita hingga ibu hamil," sebut Dyah. 

Program RGG ini menjadi wadah pemerintah untuk mengawasi akan terjadinya stunting yang terus meningkat. TP-PKK nantinya lewat Rumoh Gizi Gampong akan melakukan kegiatan hampir sama dengan Program Posyandu.

"Di dalam Rumoh Gizi Gampong ini akan mengajarkan pola asuh dan pola makanan yang sehat kepada masyarakat terutama anak-anak," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Hanif dalam selaku ketua panita berharap agar program Rumoh Gizi Gampong ini bisa diimplementasikan ke seluruh kabupaten kota se Aceh. Baginya, pencegahan stunting sangat penting.

Ia juga berharap agar rumoh Gizi Gampong ini tidak hanya sebatas peresmian saja namun harus terus aktif. Ia meminta kepada camat di setiap kecamatan se Aceh untuk mendukung program yang dijalan oleh TK-PPK terutama dalam dana pengoperasian.(em/fd/dw)

 

 

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 25 Aug 2019 12:12:30