Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Bimtek MC Wilayah Barat Tingkatkan Kemampuan Menulis dan Foto

Umum Senin, 04 Maret 2019 - Oleh opt4

Pekanbaru - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk pengelola media center (MC) selama 3 (tiga) hari, mulai 4 – 6 Maret 2019 dengan mengusung tema 'Berita dan Foto Jurnalistik Online'.

Direktur Pengelolaan Media (PM), Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kemkominfo, Siti Meiningsih mengemukakan, penyelenggaraan Bimtek yang rutin diadakan setiap tahunnya ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas pengelola media center (MC) dalam penulisan berita dan foto jurnalistik online.

Menurutnya, di era teknologi digital saat ini, potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar, terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi sebagaimana tugas Goverment Publik Relation (GPR).

"Ketika kondisi itu terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintah yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik dan lalulintas pertukaran informasi yang tepat, cepat, dan akuntabel," kata Mei di Pekanbaru, Senin (4/3/2019).

Kesempatan yang sama, Kasubdit Media Online, Dit PM Ditjen IKP, Nurlaili mengutarakan, tahun 2019 ini, pelatihan tidak hanya pada pelatihan penulisan berita, namun juga foto jurnalistik online.

"Tidak hanya tulisan, tahun ini kami akan menggiatkan pelatihan foto jurnalistik online untuk mengimbangi jumlah berita yang masuk ke redaksi infopublik yang didominasi tulisan," sebut Nurlaili.

Nurlaili berharap, Bimtek kali ini tidak hanya menambah pengetahuan peserta dibidang penulisan dan foto jurnalistik online, namun juga diharapkan dapat mengaktifkan kembali Media Center dalam memberikan kontribusi informasi atau berita dan foto kepada infopublik.id.

Sementata itu, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian (Diskominfotik) Prov Riau, Yogi Getri menyambut gembira pelaksanaan Bimtek MC kali ini.

Selaku tuan rumah, Yogi mengharapkan agar kegiatan bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan para pengelola media center daerah dalam melakukan pelayanan informasi dan komunikasi publik, serta menyajikan berita-berita kepemerintahan yang memenuhi kriteria dalam jurnalistik online. 

"Kami juga berharap, kedepan bantuan pemberian perangkat kepada Media Center oleh Kominfo pusat dapat kembali diadakan," imbuh Yogi.

Bimbingan teknis, menghadirkan narasumber Redaktur Senior Tempo, Daru Priyambodo; Redaktur Kompas.com, Heru Margianto; dan Fotografer Kompas, Dimitrus Wisnu. Disamping itu hadir pula Redaktur Berita Nusantara, portal berita infopublik, Kusnadi dan Elvira Inda Sari, serta Redaktur foto infopublik, Agus S. Budiawan.

Bimtek ini diikuti 74 peserta dari MC daerah wilayah Barat yang aktif mengirimkan berita, baik teks maupun foto ke portal berita infopublik.id

Dipilihnya Pekanbaru sebagai lokasi pelatihan Bimtek kali ini salah satunya karena Media Center Provinsi Riau dianggap aktif dalam memberikan kontribusi berita, dengan jumlah kontribusi 8.077 berita, dan diterbitkan 4.443 berita.

Selain itu, sejak 2012, media center yang dikelola Provinsi Riau menjadi peringkat pertama dalam pengelolaan berita dan foto dari segala pemberitaan daerah untuk wilayah Indonesia bagian barat.

 

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 23 Apr 2019 12:07:46