Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Wali Kota: Lomba Masak Serba Ikan Jangan Hanya Sebatas Mencari Juara

Pemerintahan Selasa, 10 Juli 2018 - Oleh opt4

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM meminta kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA)dan lomba masak serba ikan tingkat Kota Banda Aceh bukan sekedar untuk mencari siapa pemenang atau juaranya saja, tapi lebih dari itu, kegiatan ini diharapkan menjadi motivasi bagi nelayan khususnya dan masyarakat Kota Banda Aceh pada umumnya agar dapat memanfaatkan ikan guna mewujudkan kesejahteraan keluarga dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikan Aminullah saat membuka lomba cipta menu B2SA dan lomba masak serba ikan tingkat Kota Banda Aceh, Selasa (10/7/2018) di halaman kantor Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Kota Banda Aceh di Gampong Pande.

Menurut Wali Kota, Banda Aceh yang letak geografisnya berada di garis pantai, dan juga dialiri oleh Sungai Krueng Aceh memiliki potensi perikanan yang cukup besar. Keberadaan laut dan sungai ini merupakan sumber mata pencaharian sebahagian masyarakat, terutama mereka yang berada didekat pantai, dengan melakukan usaha penangkapan, budidaya maupun pengolahan. Mengingat potensi perikanan yang cukup besar tersebut, maka tak heran jika ikan merupakan bahan pangan yang cukup tersedia di Kota Banda Acehdengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Namun, lanjut Wali Kota, dalam pemanfaatannya selama ini baru sebatas memanfaatkan untuk lauk pauk semata. Padahal bila dicermati, olahan daging ikan dapat dijadikan berbagai macam menu masakan.

“Kalaulah semua itu dikelola dan diolah oleh industri rumah tangga atau usaha kelompok rumah tangga, tentu dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan mendorong tumbuh dan berkembangnya ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Karenanya, Wali Kota meminta SKPK terkait untuk mencari terobosan dan inovasi serta  membuat berbagai macam program guna melatih dan membina kelompok-kelompok usaha rumah tangga masyarakat agar mampu memanfaatkan ikan sebagai sumber ekonomi, guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Wali Kota juga meminta, pelaksanaan lomba cipta menu serba ikan tingkat Kota Banda Aceh ini juga juga dapat dijadikan sarana menyebarluaskan dan menginformasikan gemar makan ikan menuju industrialisasi produk olahan hasil perikanan yang berkualitas kepada masyarakat di Kota Banda Aceh.

Laporan dari Kepala DP2KP Banda Aceh, Ir Zulkifli Syahbuddin selaku panitia penyelenggara, kegiatan ini diikuti oleh 9 perwakilan Kecamatan dalam wilayah Kota Banda Aceh. Lomba cipta menu B2SA dan lomba masak serba ikan digelar selam adua hari.

“Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman,” ujar Zulkifli.

Tujuan lain, lanjut Zulkifli, membangun Budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka jenis pangan dan ikan dengan porsi yang seimbang.

Usai seremonial pembukaan, Wali Kota Banda Aceh bersama Ketua TP PKK Kota, Hj Nurmiaty AR, Kepala Dinas Pangan Provinsi Aceh, DR Ilyas, Ketua DWP Kota Banda Aceh, Ir Buraida Bahagia dan para dewan juri melihat langsung hasil karya para peserta dan ikut mencicipi menu makanan yang dilombakan.(mkk)

Sumber : bandaacehkota.go.id

 

Last Update Generator: 18 Sep 2018 22:18:36