Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

LOMBA MENULIS ARTIKEL PILPRES 2014

Kategori : Kompetisi Senin, 26 Mei 2014 - Oleh

Banda Aceh – Tak lama lagi Indonesia akan menggelar Pemilihan Presiden (Pilpres) untuk memilih pemimpin bangsa ini lima tahun ke depan. Tentunya banyak harapan yang akan disandarkan kepada pemimpin bangsa yang akan terpilih nantinya. Oleh karena itu, ide, gagasan, saran dan kritik dari masyarakat akan sangat berguna bagi pembangunan Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan masa depan perdamaian Aceh.

Ide, gagasan, saran dan kritik dari masyarakat ini tentunya sangat beragam dan tidak akan tersampaikan kepada para kandidat, jika tidak ada pihak yang dapat memfasilitasinya. Entah itu lembaga resmi pemerintahan, Komisi Independen Pemilihan (KIP), dan tentu saja media massa.

Berdasarkan itulah, Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) PWI Aceh bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi, Informasi dan Telematika (Dishubkomintel) c/q UPTD Seuramo Informasi, menggelar Lomba Menulis Artikel Pilpres 2014 dengan tema “Presiden Baru dan Keberlanjutan Damai Aceh”.

Dalam konteks Aceh, masyarakat sangat mengharapkan presiden baru Indonesia dapat menjaga keberlangsungan damai Aceh dengan baik. Bahkan diharapkan, segala kekurangan selama ini bisa dibenahi sehingga pembangunan di Aceh bisa terus dipacu.

“Lomba ini bertujuan untuk mencari masukan berupa ide, gagasan, saran, kritik dan harapan masyarakat Aceh pada pemerintahan baru. Meningkatkan partisipasi masyarakat di Aceh untuk mencipatkan dan melahirkan pemimpin yang diidam-idamkan masyarakat, dan menjadi ajang pertukaran ide (exchange of idea) dalam menciptakan keberlanjutan Damai di Aceh.” Demikian dikatakan Arief rahman, Ketua Panitia Pelaksana lomba, Sabtu (24/5) di Banda Aceh.

Semua gagasan dan pendapat masyarakat ini, katanya, diharapkan bisa menjadi masukan bagi pemerintahan yang baru demi keberlangsungan perdamaian Aceh yang memasuki satu dekade. Diharapkan dari lomba ini lahir ide-ide segar dan saran dari kalangan masyarakat dalam memberikan informasi yang berbasis Pilpres Damai.

Terciptanya partisipasi masyarakat yang paham dan memiliki pengetahuan menyangkut Pilpres damai serta melahirkan ide-ide kreatif yang membawa dampak bagi timbulnya keberlanjutan kedamaian di Aceh.

“Lomba ini terbuka untuk masyarakat Aceh (umum) dengan metode penulisan berbentuk artikel atau opini. Kegiatan ini dimulai sejak 26 Mei 2014 dan akan diumumkan pada 19 Juli 2014, dengan total hadiah Rp9,5 juta rupiah,” ujar Arief.

Ketentuan umum lomba
Lomba terbuka untuk seluruh masyarakat Aceh. Karya tulis yang dikirimkan ke panitia harus orisinil dan belum pernah menang lomba karya tulis sejenis dan tidak sedang diikutkan dalam lomba lainnya . Karya tulis berupa opini atau artikel minimal 1.000 kata dan maksimal 3.000 kata, font Time New Roman ukuran 12 dengan 2 spasi. Karya yang diikutsertakan belum pernah dipublikasikan di media massa cetak atau online. Peserta boleh mengirimkan maksimal 2 (dua) karya tulis, namun hanya 1 (satu) karya terbaik yang akan masuk nominasi.

Untuk karya tim, peserta harus menyebutkan ketua tim dan anggotanya. Satu tim tidak lebih dari tiga orang. Karya tulis yang memenangi lomba ini akan menjadi hak milik SJI Aceh, dengan tetap menyebutkan nama penulis bila dipublikasi dalam bentuk buku oleh SJI PWI Aceh. Dewan juri berhak untuk menolak suatu karya yang didaftarkan bila dianggap tidak memenuhi persyaratan. Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

“Naskah karya tulis dapat dikirimkan ke alamat e-mail:lombapilpres@gmail.com. 

Batas akhir pengiriman naskah karya tulis/artikel diterima panitia 12 Juli 2014 dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 19 Juli 2014,” ujar Arief Rahman.

Ketentuan khusus

  • Karya peserta harus dikirimkan melalui email : lombapilpres@gmail.com
  • Peserta wajib menyertakan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan/atau Kartu Pelajar bagi peserta yang masih berstatus pelajar.
  • Peserta wajib mengirim biodata singkat secara terpisah dari karya tulis, seperti nama, alamat, nomor HP, pekerjaan, alamai e-mail.
  • Peserta Wajib mengirimkan pernyataan, bahwa akan ikut dan tunduk pada semua aturan yang telah ditetapkan panitia (terpisah dari karya tulis).
  • Jika terjadi pelanggaran terhadap persyaratan lomba, maka dewan juri berhak melakukan pembatalan dan menarik kembali penghargaan yang diberikan.

 

Hadiah
Juara 1: Rp. 4.500.000 + tropy dan piagam
Juara 2: Rp. 2.500.000 + tropy dan piagam
Juara 3: Rp. 1.500.000 + tropy dan piagam
Juara 4: Rp. 1.000.000 + tropy dan piagam

Juri
Ir. Sanasi, MM (Ka UPTD Seuramoe Informasi)
Prof. DR. A Rani Usman (Akademisi/Dekan Fakultas Dakwah
UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Iranda Novandi (Ka SJI PWI Aceh)
Dr. Rahmawati, M.Si (unsur Perempuan Aceh)
Irwanda ST, M.Si (unsur pemuda Aceh)
Asriani, S.Sos (unsur perempuan Aceh)
Untuk informasi lebih lengkap mengenai lomba dapat menghubungi panitia melalui:
M. Arief Rahman        Hp: 0853 6031 0911
M. Zairin                     Hp: 0811 68 1450

 

No. Telp 0853 6031 0911,
Email lombapilpres@gmail.com
Website http://perhubungan.bandaacehkota.go.id/v2/lomba-menulis-artikel-pilpres-2014/
Last Update Generator: 23 Jul 2019 18:08:43