Kodam IM Peringati Hari Pahlawan

Umum Jumat, 10 November 2017 - Oleh opt4

Banda Aceh - Kodam Iskandar Muda menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November di Blang Padang, Jumat (10/11/2017). Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos bertindak sebagai inspektur upacara.

Fachrudin yang membacakan pidato Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan setiap tanggal 10 November seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia yang dengan segenap pemikiran, tindakan serta gerakan telah melakukan berbagai perjuangan kolektif.

"Saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain," katanya.

Fachrudin menceritakan, Hari Pahlawan yang diperingati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Fachrudin mengajak dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk keindonesiaan, untuk mengambil pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu.

"Jadikan suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua yakni, api yang membentuk terbangunnya persatuan Indonesia yang terdiri atas dua hal yakni adanya harapan dan pengorbanan," terangnya.

Harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.

Lebih lanjut, Fachrudin menjelaskan dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut Nawa Cita. Ke-sembilan agenda prioritas itu bisa dikategorisasikan ke dalam tiga ranah yaitu ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik. Pada ketiga ranah tersebut, Pemerintah saat ini berusaha melakukan berbagai perubahan secara akseleratif, berlandaskan prinsip-prinsip Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

"Pada kesempatan ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, Selamat Hari Pahlawan Tahun 2017," ajaknya.

Dalam memperingati Hari Pahlawan tersebut juga diadakan serangkaian acara lain seperti pengangkatan Laksamana Malahayati menjadi pahlawan Nasional, penampilan tari saman, drama kolosal Laksamana Keumala Malahayati yang di persembahkan langsung oleh para prajurit, ibu ibu Persit, para pelajar, berziarah dan tabur bunga ke makam Malahayati yang terletak di Desa Lamreh Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar serta dan dilanjutkan Khoul (mengaji atau berdoa bersama). (ri/am)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 21 Nov 2017 18:07:26