Diskominfo Sosialisasi dan Koordinasi Tata Kelola Pemerintah Aceh

Pemerintahan Kamis, 09 November 2017 - Oleh opt4

Banda Aceh - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh melalui Bidang Layanan E-Goverment menggelar acara Sosialisasi dan Koordinasi Tata Kelola Gubernur Pemerintah Aceh dengan tema "Pemanfaatan Infrastuktur dan Aplikasi Berbagi Pakai Sebagai Implementasi Peraturan Gubernur Aceh No. 29 Tahun 2017" Kamis, (9/11/2017) di Grand Permata Hati Hotel And Convention Center.

Sosialisasi itu dibuka oleh Kepala Diskominsa yaitu Marwan Nusuf, B.HSc, MA dan diikuti oleh 46 orang peserta dari seluruh SKPA. 

Dalam sambutannya Marwan mengatakan bahwa sosialisasi itu sangat tepat jika dilaksanakan sekarang karena pada saat ini Pemerintahan sedang melakukan perencanaan menyusun program kegiatan anggaran tahun 2018.

Menurut Marwan, e-Goverment adalah use of electronic devices to provide out it services atau penggunaan alat-alat elektronik dalam rangka menyediakan pelayanan tersebut.

Ada lima hal, sebut Marwan, yang dapat mendukung agar e-Goverment terlaksana, yaitu Kebijakan, Organisasi, Sumber Daya Manusia, Infrastuktur dan Aplikasi. Saat ini yang sudah ada adalah Kebijakan yang sudah dimuat dalam Peraturan Gubernur No. 29 Tahun 2017. Jika ingin menjalankan Pergub ini, semua pengadaan yang ada hubungannya dengan software harus mendapat rekomendasi dari Dinas KomInfo, ungkap Marwan.

Lebih Lanjut Marwan menjelaskan sosialisasi ini digelar dalam rangka untuk menyukseskan pelaskanaan e-Goverment secara utuh sesuai dengan salah satu program Gubernur Aceh yaitu mewujudkan Aceh SIAT (Sistem Informasi Aceh Terpadu). pada saat ini, dari sekian Banyak SKPA (satuan Kerja Pemerintah Aceh) yang ada di pemerintah Aceh, hanya tiga SKPA baru yang belum memiliki Website. 

Marwan menjelaskan, website sangat diperlukan dalam rangka mendukung azas transparansi. Karena jika dilihat dari sisi penegakan hukum yang melibatkan Diskominsa, pihaknya senantiasa dianjurkan menganut Azas transparansi dan terbuka. Sehingga informasi yang sifatnya bisa diumumkan, informasi yang berkala, informasi yang dikecualikan termasuk dalam hal penggunaan anggaran harus ditransparansikan, mulai dari berapa anggaran yang digunakan, berapa anggaran tahun ini, dan digunakan untuk kegiatan apa saja anggaran tersebut, Kata Marwan.

Marwan menerangkan bahwa SKPA atau Dinas kedepannya harus mempersiapkan SDM yang memadai dibidang IT. Ia berharap Keseriusan dari peserta untuk dapat menganggarkan untuk kegiatan E-Goverment tahun 2018 melalui APBA. 

Sosialisasi ini menghadirkan tiga orang pemateri yaitu Direktur E-Goverment Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Kepala Bidang Layanan E-Goverment Pemerintah Aceh, dan Kepala Seksi Infrastruktur dan Teknologi.(DN/FAZ/ri)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 22 Nov 2017 06:04:06