Negara Harus Jadi Jembatan Antara UKM dan Penggiat Ekonomi Kreatif

Ekonomi Senin, 23 Oktober 2017 - Oleh opt4

Banda Aceh - Direktur Akses Perbankan Berkaf Indonesia, Restog K. Kesuma menegaskan Negara mempunyai kewajiban menjembatani Usaha Kecil Menengah (UKM) Kreatif dengan para penggiat ekonomi kreatif lewat modal usaha. "Negara mempunyai peranan penting untuk membangun ekonomi Indonesia dan mendukung para penggiat ekonomi kreatif,' sebutnya dalam pelatihan serta pembinaan dalam bidang Permodalan dan Pengelolaan Keuangan Syariah di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Senin, (23/10/2017).

Restog melanjutkan,  di tahun 2017, pihaknya memang sengaja mengajarkan kelas keuangan syariah karena minat pelaku ekonomi kreatif di Aceh sangat besar. Hal itu terlihat dari antusiasme para pendaftar. Selain itu, faktor penerapan syariat islam juga menjadi alasan terpilihnya Aceh sebagai lokasi pelatihan.

"Kelas keuangan ini ditujukan bagi para pelaku ekonomi kreatif yang termasuk dalam 16 sektor di bawah binaan pemerintah, baik dari sisi pemasaran, permodalan, infrastruktur dan lain-lain," tambahnya.

Restong menyebutkan, ada berbagai jenis UKM di Banda Aceh saat ini, yaitu 54% bergerak di bidang kuliner, 9% fashion, 24% kerajinan, 13% campuran dari IT, Aplikasi, Digital, Fotografi dan lainnya.

event yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) bekerjasama dengan Santripreneur Indonesia turut mengundang pembicara diantaranya Fadjar Hutomo sebagai Deputi Akses Permodalan BERKRAF Indonesia, KH. Ahmad Sugeng Utomo sebagai Inisiator dan Pembina Santripreneur Indonesia, Mohammad B.Teguh sebagai Praktisi Keuangan Syariah, Ligwina Hananto sebagai Founder and CEO QM Financial, Ano Sajid sebagai COO INA Isdev Business Advisor dan Mas AUF sebagai Founder Cash Revolution.

Acara ini berlangsung selama 2 hari, dimulai tanggal 23-24 Oktober dan dihadiri oleh 100 peserta yang berasal dari berbagai UKM di Banda Aceh yang lulus seleksi online dari 647 pendaftar (FAZ/UCI/Rd).

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 21 Nov 2017 00:02:13