Asisten Administrasi Umum Buka Lomba Kata Melengkan dan Syair Gayo

Seni, Budaya & Hiburan Jumat, 29 September 2017 - Oleh opt4

REDELONG - Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi, SE diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Bener Meriah Drs. Suarman, MM membuka lomba kata melengkan dan syair Gayo tingkat SMA sederajat di Kantor Majelis Adat Aceh (MAA), Rabu (27/9)

Suarman dalam sambutan Bupati Bener Meriah menyampaikan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh MAA, “kegiatan ini kami yakinin sangat bermanfaat sebagai upaya mengingatkan kembali kepada generasi muda akan tradisi budaya Gayo yang harus dilestarikan.”katanya.

Asisten Administrasi Umum itu menambhakan, saat ini budaya melengkan yang merupakan kesenian tradisional masyarakat Gayo, kian luntur, karena pengaruh budaya global yang disiarkan melalui media massa, khusunya melalui elektronik dan internet.

Tambah Suarman kembali, munculnya budaya asing dikhawatirkan akan terjadi pergeseran nilai yang bersifat kontradiktif dengan adat istiadat masyarakat Gayo itu. Tidak hanya itu, semakin besarnya budaya asing yang dapat diakses melalui jaringan elektronik dan niternet dikhawatirkan akan berimbas terhadap pergeseran nilai dan hilangnya jati diri kita sebagao urang Gayo.

“Orang-orang tua terdahulu mengembangkan tradisi melengkan dan syair Gayo dengan cara memasukkan syair yang berisi ajaran dan hukum islam, malah karya cipta para leluhur itu telah mempengaruhi kehidupan masyarakat secara positif dan turun temurun. Semua gerak gerik kehidupan masyarakat selalu terkait pada aturan, norma dan istiadat. Ini menunjukkan bahwa eratnya hubungan adat dan agama di dalam masyarakat.”ujar Suarman.

Mudah-mudahan kata Asisten Administrasi Umum Setdakab Bener Meriah itu, melalui perlombaan melengkan dan syair Gayo ini dapat meningkatkan para generasi muda untuk terus melestarikan tradisi dan seni khas Gayo.

Sumber : humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 25 Nov 2017 00:02:54